Pengorganisasian
1.
Pengertian Pengorganisasian
Istilah pengorganisasian mempunyai bermacam-macam pengertain , istilah tersebut dapat digunakan untuk menunjukkan hal-hal berikut ini :
- Cara
manajemen merancang struktur formal untuk penggunaan yang paling efektif sumber
daya keuangan , fisik , bahan baku , dan tenaga kerja.
- Hubungan-hubungan
antara fungsi , jabatan , tugas dan para karyawan.
- Cara dalam mana para manager lebih lanjut tugas-tugas yang harus dilaksanakan dalam departemen mereka dan mendelagasikan wewenang yang diperlukan untuk mengerjakan tugas tersebut.
Dari
tiga hal diatas dapat disimpulkan bahwa pengorganisasian merupakan suatu proses
untuk merancang struktur formal , mengelompokkan dan mengatur serta membagi
tugas-tugas atau pekerjaan diantara organisasi agar tujuan organisasi dapat
dicapai dengan efisien.
2. Teori – Teori Organisasi
Teori - teori
organisasi dalam kehidupan nyata orang-orang bekerja bersama-sama untuk
mencapai suatu tujuan bersama , yang dilakukan adalah kegiatan menandakan suatu
lembaga atau kelompok fungsional atau biasa disebut dengan istilah Organisasi.
Organisasi dalam hal ini bisa terdapat pada badan usaha , instansi pemerintah ,
lembaga pendidikan , militer , kelompok masyarakat atau suatu perkumpulan
olahraga.
Kata “Organisasi” mempunyai dua pengertian umum. Pengertian pertama
menandakan suatu lembaga atau kelompok fungsional , seperti organisasi perusahaan , rumah sakit , perwakilan
pemerintah atau suatu perkumpulan olahraga. Pengertian kedua berkenaan dengan
proses pengorganisasian sebagai suatu cara dalam mana kegiatan organisasi
dialokasikan dan ditugaskan diantara para anggotanya agar tujuan organisasi dapat
tercapai .
- http://belajarmanagement.wordpress.com/2010/03/01/pedoman-dalam-pembagian-kerja/
- http://vivitardyansah.blogspot.com/2010/12/pengertian-pengorganisasian.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar